SPKT Door To Door


SPKT Door To Door

SPKT Door To Door merupakan terobosan baru hasil gagasan pribadi Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Antonius Agus Rahmanto, S.I.K, MSi, yang iba melihat ibu-ibu yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke Polres mengurus surat kehilangan dokumen seperti KTP.

Kesibukan mengurus rumah dan anak, menjadi alasan mereka harus menunda-nunda pengurusan surat kehilangan itu.

Berawal dari sinilah, Kapolres akhirnya membuat suatu gebrakan yang baru dan pertama kali di Indonesia, yakni SPKT Door To Door.

Dengan adanya program ini, masyarakat yang kehilangan KTP tidak perlu lagi datang ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak untuk membuat surat laporan. Mereka cukup menghubungi petugas SPKT Door To Door di nomor layanan 081918600000.

Penelepon akan dijawab oleh operator SPKT door to door, yang selalu siap memberikan pelayanan selama jam kerja.

Masyarakat cukup menjelaskan kronologis kehilangan dokumen KTP mereka melalui telepon, dan selanjutnya operator SPKT Door To Door akan mendatanginya.

Tidak hanya di rumah. Operator SPKT Door To Door bisa datang kemana saja sesuai permintaan masyarakat, selama masih berada di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Layanan ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan petugas SPKT akan datang dengan membawa peralatan lengkap sendiri, yang diperlukan untuk pembuatan surat kehilangan. Termasuk printer portable dan stampel resmi SPKT Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Surat kehilangan akan dibuat saat itu juga dan bukti laporan kehilangan langsung dicetak dan diserahkan kepada masyarakat.